E-book yang Bikin Kaya

O, benarkah ada ebook yang bisa bikin kita kaya raya? Sulit menjawab pertanyaan tersebut secara pasti. Ada e-book yang bisa bikin kaya mendadak atau tidak itu sangat relatif. Tunggu dulu. Bukan saya bermaksud plin-plan dan tidak memiliki pendirian. Bukan. Masalahnya, jawaban atas pertanyaan tersebut harus didasarkan pada aspek mana yang dimaksud. Kalau yang dimaksud adalah e-book yang bisa menjadikan seseorang mendadak kaya tanpa berusaha keras dan hanya berpangku tangan karena sudah ada e-book yang memberi uang, rasanya tidak ada e-book yang seperti itu. Kalau yang dimaksud adalah e-book yang memberi informasi tentang cara-cara atau langkah-langkah jitu menuju kaya, tentu ada saja e-book yang seperti itu. Malahan kalau e-book tersebut sangat bermanfaat dan diminati banyak orang, dan orang-orang yang banyak tersebut membelinya, e-book bisa membuat penulisnya menjadi kaya raya.

Ya, sejauh yang saya ketahui, e-book atau buku elektronik biasanya berupa produk informasi. Isi e-book biasanya informasi. Penulis e-book biasanya menjual informasi. Jenis dan bentuk informasi tersebut bisa beragam, misalnya puisi, cerpen, novel, berita, foto, audio/video, atau info how to (Petunjuk) mengenai berbagai bidang kehidupan, misalnya e-book cara cerdas beternak ayam, lele, belut dan lain-lain. Yang paling membuat penasaran biasanya e-book yang menyentuh sisi keinginan banyak orang, misalnya, e-book Cara Mudah Menjadi Jutawan, E-book Mesin Uang, e-book Mendapat Penghasilan Sebesar 50 juta perbulan dari Internet, dan masih banyak lagi yang lebih heboh.
Jadi, yang menyebabkan seseorang menjadi kaya setelah membeli e-book tertentu sebenarnya bukan e-booknya melainkan orang yang bersangkutan. Ya, e-book hanyalah pembuka wawasan dan pembuka jalan, yang mengusahakan adalah orang yang ingin kaya tersebut. Dengan demikian, kalau ingin kaya, setelah membeli e-book tertentu tidak bisa berpangku tangan, berkhayal dan bermimpi langsung kaya, tetapi tetap harus melalui  proses panjang yang melalahkan dan membutuhkan pengorbanan.Ingat, tidak bisa instan. So, berhenti bermimpi, tapi take action. Now.
Oke?//

This entry was posted in Opini and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s